Cara Menghilangkan Malware di Android dan Windows Lengkap!

Cara Menghilangkan Malware
image copyright : themerkle.com

Cara Menghilangkan Malware – Halo sobat Almira! Kali ini, Almira bakal kasih tau ke kalian nih, tentang bagaimana Cara Menghilangkan atau Cara Menghapus Virus Malware yang terkadang menyerang Android ataupun Windows teman-teman.

Tapi sebelum masuk ke Pembahasan, Almira mau jelasin dulu nih, apa itu Malware ya. Malware adalah salah satu Virus yang sangat berbahaya, biasanya didalam Virus Malware akan terdapat beberapa Virus lainnya, seperti Trojan, Ransomeware, Worms, Horses, dan juga Spyware.

Tentunya, hal ini sangat berbahaya dan sangat dihindari oleh pengguna Windows, ataupun Android. Karena, sekarang Virus Malware sendiri juga sudah merambah ke Android juga loh teman-teman.

Untuk itu, kalian wajib memiliki Antivirus terbaik, dan juga rajin melakukan Maintenance di Android atau Windows kalian. Agar terhindar dari Virus Malware yang berbahaya ini.


Tanda-Tanda Virus Malware di Android dan Windows

Tentunya, Virus ini seperti Penyakit pada tubuh kita, yang dimana akan menimbulkan tanda-tanda atau gejala yang membuat kinerja Android dan Windows kita jadi berantakan. Oleh karena itu, kita harus tau dulu Tanda-tanda perangkat kita terkena Malware atau Tidak.

Android

1. Smartphone Android terasa Lemot/Berat

Biasanya nih teman-teman, apabila kita menggunakan Android dengan RAM yang cukup besar, pastinya kita akan tetap merasakan Kinerja Android yang tidak terlalu berat. Karena, dengan Kapasitas RAM yang besar, harusnya bisa menampung Aplikasi yang berjalan saat digunakan.

Apabila teman-teman menggunakan Smartphone Android dengan RAM yang besar namun terasa berat, coba deh, cek dulu Aplikasi yang terinstall di Android sobat, siapa tau ada Aplikasi yang “aneh” yang mengandung Malware didalamnya.

2. Sering kali muncul Iklan Pop Up

Untuk pengguna Smartphone Xiaomi, mungkin pernah ya mengalami iklan yang muncul secara tiba-tiba, padahal kita tidak menginstall atau membuka Browser dan situs yang mengandung iklan.

Nah, coba deh, kalau Sobat pakai Smartphone Android dengan Merek selain Xiaomi, kalau tiba-tiba muncul iklan dengan sendirinya, kemungkinan Devices atau perangkat kalian terkena Virus Malware nih.

3. Aplikasi Sering Terhenti

Jika Smartphone Android kalian terkena Virus Malware, tentunya hal ini akan berpengaruh pada Aplikasi yang teman-teman install loh. Semisal, teman-teman menggunakan Whatsapp, tiba-tiba ketika asyik nya Chatting, tiba-tiba Aplikasi Whatsapp teman-teman tidak bisa terbuka dengan normal.

Jadi, coba teman-teman Cek juga Aplikasi yang terinstall, siapa tau memang ada Virus Malware yang masuk kedalam Aplikasi Android teman-teman semua.


Windows

1. Muncul Iklan dengan Sendirinya

Sama seperti Android, biasanya, Komputer Windows yang terkena Malware akan sering kali memunculkan Iklan Pop Up yang SANGAT MENGGANGGU PENGGUNA Windows itu sendiri. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pengguna yang sembarangan meng-unduh atau Mendownload Aplikasi secara sembarangan. Jadinya kena Malware deh.

2. Berubahnya Extensi pada Aplikasi Windows

Biasanya nih teman-teman, kita sering kali melihat beberapa Aplikasi yang akan berubah Extension nya menjadi Extension yang aneh-aneh. Misalnya gini, teman-teman punya Aplikasi dengan Extension .exe, nah apabila terkena Malware, Aplikasi dengan Extension .exe ini akan berubah menjadi Extension yang aneh, misalnya menjadi .txt, .ink, atau yang lainnya.

3. Tidak bisa membuka Aplikasi

Nah, mirip lagi seperti Android. Apabila Windows teman-teman terkena Malware, pasti ada beberapa Aplikasi, atau bahkan Semua Aplikasi mendadak tidak bisa dijalankan, atau yang paling parah lagi, Semua Aplikasi dan Data kalian, akan Terkena Encrypt. Yang dimana teman-teman harus membayar sejumlah uang kepada pengirim Virus. Seperti contohnya Ransomware.


Nah, setelah mengatahui tanda-tanda dari Virus Malware, langsung saja Almira akan bagikan Cara Menghilangkan, atau Cara Menghapus Virus Malware di Android dan juga Windows. Cekidot ..


Cara Menghilangkan Malware di Android

1. Menggunakan Antivirus Khusus Malware

Terdengar Aneh sebenarnya, tapi memang menggunakan Antivirus di Android juga terkadang penting sih, Nah. Kalian bisa menggunakan Antivirus Android yang memang Khusus untuk menghapus Malware di Android kalian teman-teman.

Kalian bisa mencarinya di Google Playstore, dan mengunduhnya secara Gratis. Namun, terkadang ada juga yang berbayar.

Rekomendasi Antivirus Malware : Avast Mobile, AVG Antivirus, Malwarebytes Android, dll.

2. Menghapus Aplikasi yang mencurigakan

Selain menggunakan Antivirus, teman-teman juga bisa memeriksa Aplikasi yang terpasang di Android teman-teman semua. Dengan cara ini, kalian tidak perlu menggunakan Aplikasi tambahan loh, teman-teman hanyar perlu masuk ke Settings > Apps > Installed Apps.

Kemudian, cari Aplikasi yang memang berasal dari Vendor yang tidak terkenal, dan juga memiliki nama Aplikasi yang aneh. Agar, kalian bisa terhindar dari Virus Malware yang mengganggu.

3. Reset Factory, atau Reset Pabrik

Apabila cara pertama dan kedua dirasa kurang begitu efektif, kalian bisa melakukan Reset Factory, atau melakukan Reset Pabrik. Agar Devies atau perangkat Android kalian kembali seperti pertama kali kalian beli.

Namun, sebelum melakukan Factory Reset, jangan lupa untuk melakukan Back Up terlebih dahulu agar tidak ada data yang hilang di Android teman-teman semuanya.


Cara Menghilangkan Malware di Windows

1. Menggunakan Antivirus Anti-Malware

Kalau bicara soal Antivirus atau Aplikasi, pastinya Windows lebih lengkap ya. Karena selain ada Software atau Aplikasi yang biasa digunakan, Windows juga memiliki Aplikasi Anti-Malware yang bisa kalian gunakan di Operating System Windows.

Anti-Malware ini akan melakukan Scanning, dan juga meng-Quarantine atau menghapus Virus Malware yang mengganggu kalian dalam menggunakan Komputer atau Laptop.

Anti-Malware yang disarankan : Malwarebytes Antivirus

2. Melakukan Scanning Rutin

Setelah menggunakan Antivirus Anti-Malware, teman-teman bisa melakukan Scanning rutin selama seminggu 1x atau bahkan lebih. Hal ini bertujuan agar teman-teman bisa tetap terlindung daripada Virus Malware yang membuat Windows kalian jadi lemot dan juga tidak bekerja dengan baik.

3. Jangan Asal Download Software

Buat para pengguna Windows, rasanya mendownload Aplikasi sudah menjadi hal yang sangat penting ya. Terutama untuk mendownload Aplikasi atau Software yang ingin digunakan.

Tapi, terkadang ada beberapa Pengguna Windows yang asal-asalan ketika Mendownload File. Nah, ini dia yang jadi perkara. Karena memang terkadang Virus Malware ini akan masuk kedalam File atau Software yang kalian Download dan Install. Jadi, perhatikan baik-baik ya.

4. Install Ulang

Jika poin 1 sampai 3 sudah tidak berhasil, teman-teman bisa langsung melakukan Uninstall pada Windows kalian. Supaya apa? Supaya File Malware yang masuk kedalam System Windows kalian bisa langsung terhapus ketika teman-teman melakukan prosess Uninstall. Dan tentunya, jangan lupa untuk melakukan Back Up ya.


Okay teman-teman, mungkin segitu saja yang bisa Almira bagikan untuk Menghilangkan Malware di Android dan Windows. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan Artikel ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *